Membuat tabungan umroh adalah pilihan yang tepat apabila Anda ingin mengumpulkan dana dengan mudah. Anda jadi bisa fokus untuk menyisihkan sebagian pemasukan ke tabungan dan tidak akan menggunakan tabungan tersebut untuk hal lain.


Umroh dan haji sama-sama ibadah yang bisa Anda lakukan untuk menyempurnakan rukun Islam kelima. Bedanya hanya pada waktu pelaksanaannya saja, kalau haji hanya di bulan Haji sedangkan umroh bisa dilakukan kapan saja.


Mengenal Tabungan Umroh

unsplash.com


Bagi yang baru pertama kali membuat tabungan untuk umroh biasanya masih bingung tentang tabungan tersebut. Tabungan umroh adalah sebuah produk simpanan yang diperuntukkan kepada nasabah calon jamaah umroh.


Adapun sistem kerja tabungan ini tidak sama dengan tabungan haji dan tabungan berjangka lainnya. Dalam menggunakan produk simpanan ini menggunakan akad Mudharabah, jadi nasabah akan mendapatkan imbalan dari bagi hasil.


Setelah nasabah mengumpulkan dana sesuai dengan biaya umroh, maka bisa langsung berangkat ke tanah suci. Mengapa bisa? Hal ini karena ibadah umroh berbeda dengan haji yang perlu menunggu antrian. Jadi, bisa umroh kapanpun selama tabungan sudah terkumpul.



Keuntungan Menggunakan Tabungan Umroh

unsplash.com

Tabungan umroh untuk orang tua memiliki banyak keuntungan sebagai bekal menjalankan umroh selama 9 sampai 13 hari. Buat yang baru pertama kali menggunakan tabungan ini bisa simak keuntungannya berikut.


1.   Gampang Dipantau

unsplash.com

Apabila Anda membuat tabungan untuk berangkat umroh maka akan lebih mudah memantaunya. Bandingan apabila Anda menabung di rumah, pasti akan kesulitan padahal sudah tahu kalau nominal yang dibutuhkan tidak sedikit.


Anda mungkin akan mengalami kesulitan dalam melakukan pengecekan. Berbeda apabila membuat tabungan karena bisa dipantau secara realtime dan mengetahui berapa jumlah uang yang sudah terkumpul.


Kalau menabung sendiri di rumah, Anda akan menghitung semua uang dari awal sehingga menghabiskan waktu. Sedangkan dengan tabungan berbasis digital Anda bisa langsung mengecek nominal akhir karena terjumlah secara otomatis.


Nasabah juga bisa melakukan pengecekan di mana saja karena hanya membutuhkan ponsel. Nanti pihak kantor cabang akan memberikan kartu ID dengan nomor virtual account yang dapat digunakan untuk melakukan pengecekan saldo akhir.


2.   Lebih Terprogram

unsplash.com

Keuntungan menggunakan tabungan umroh adalah lebih terorganisir sehingga memudahkan nasabah dalam melakukan pengecekan rutin.


Ada nasabah yang memilih menabung di bank dengan harapan uangnya sudah terkumpul bisa langsung mendaftarkan diri ke agen umroh. Akan tetapi tidak ada yang menjamin bahwa semuanya akan berjalan dengan lancar.


Nah, agar Anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, lebih baik membuat tabungan khusus umroh saja. Semuanya sudah diatur karena khusus untuk menangani umroh.

Jadi, apabila menyimpan uang di tabungan akan terhindar dari kesalahan atau halangan yang menyebabkan tabungan tidak cepat terkumpul.


3.   Lebih Terjaga

unsplash.com

Selain karena programnya jelas, menggunakan tabungan khusus umroh juga lebih aman daripada mengumpulkan uang sendiri di rumah. Bahkan ada lembaga keuangan yang memberikan persyaratan bahwa nasabah tidak bisa mengambil uang tersebut.


Misalnya apabila Anda sedang ada kebutuhan maka keinginan untuk membelanjakan uang tabungan menjadi lebih besar. Selain itu, setiap lembaga keuangan memiliki standarnya tersendiri dalam menyimpan uang.


Anda juga tidak perlu khawatir kalau uang akan dicuri, karena keamananya terjaga. Dengan begitu Anda bisa berangkat ke tanah suci untuk umroh tepat waktu.

Kalau Anda ingin berangkat ke tanah suci setelah tabungan umroh terkumpul bisa bekerja sama dengan agen travel Hadiyya Umroh. Ada banyak paket yang tersedia salah satunya adalah Paket Platinum Umroh di Awal Desember.